Laman

Sabtu, 10 Juli 2010

Penyebab dan gejala Parkinson


Parkinson .... kalau bicara parkinson saya langsung teringat pada petinju legendaris Mohamad Ali. Disisa usianya beliau ternyata kedapatan mengidap penyakit parkinson. Lalu sebenarnya apa parkinson dan apa penyebabnya ?.

Penyakit Parkinson adalah penyakit neurologik kronis progresif , yang menyebabkan ketidakmampuan yang semakin memburuk dan semakin mengganggu untuk jangka panjang. Kondisi ini terutama ditandai oleh gangguan gejala motorik seperti tremor istirahat, kekuatan otot, perubahan pastur tubuh, dan kesulitan atau melambatnya gerakan. Penyakit parkinson juga disebut penyakit tua.

Penyebab penyakit Parkinson :

1. Sampai saat ini penyebab parkinson tidak diketahui secara pasti. Pada individu yang telah kehilangan lebih dari 80 suplai dopamine ( terutama di produksi pada substansia nigra ) cenderung memperlihatkan gejala parkinson, mengingat dopamine merupakan zat yang penting dalam proses pengiriman sinyal antara sel sel saraf di otak untuk mengontrol gerak.

2. Beberapa peneliti membuktikan , jika sejak muda terbiasa menulis dan membaca , akan mengurangi resiko parkinson pada usia tuanya.

Tanda dan Gejala Penyakit Parkinson :

Walau penyakit parkinson sulit di diagnosa karena gejalanya mirip dengan yang lain , namun penyakit ini mempunyai gejala yang umum , antara lain :

1. Tremor Istirahat yaitu gemetar yang tidak terkontrol yang biasanya terjadi pada tangan dan kaki.
2. Rigiditas Otot yaitu ; Kekakuan anggota gerak.
3. Bradiknesia yaitu gerakan melambat.
4. Gangguan berjalan.
5. Perubahan postur ( gangguan keseimbangan ).

Ketika penyakit ini berkembang , gejala - gejala biasanya meningkat dan berdampak pada kemampuan orang tersebut untuk bekerja dan berfungsi.

Banyak penderita parkinson juga menderita gangguan yang meempengaruhi pikiran seperti depresi, demensia ( pikun ) , kebingungan dan agitas.


Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...